Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot (Ngelag)

Ketika Kamu sedang menggunakan ponsel android kesayanganmu , pernahkah kamu merasakan bahwa tiba-tiba ponsel kamu menjadi lebih lamban atau lemot. Tahukah kamu penyebab terjadinya demikian? Penyebab Android lemot bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, Diantaranya adalah

  • Terlalu banyak widget : sebagian orang menghiasi ponsel android mereka dengan berbagai widget yang tujuannya untuk memperindah tampilan atau sekedar untuk membuat kesan imut atau lucu dilayarnya terutama dengan menggunakan live walpaper tetapi diketahui bahwa hal itu bisa memakan daya baterai yang banyak dan memperlambat sistem di handphone kamu.
  • Menjalankan banyak aplikasi bersamaan bisa mengganggu proses dan mengakibatkan loading menjadi lama karena tugas processor menjadi sangat berat. Sebaiknya ditutup dan jika tidak terlalu diperlukan jangan pernah menjalan banyak aplikasi secara bersamaan.
  • Terlalu Banyak Apk yang terinstall , ini dapat menyebabkan kapasitas memory internal di smartphone kamu menjadi oferload atau penuh, sebaiknya uninstall apk  yang jarang digunakan atau apk yang tidak begitu penting.

Selanjutnya setelah kamu dapat mengetahui beberapa penyebab androidmu lemot/ngelag , sekarang kita bahas bagaimana dan tips mengatasi android yang lemot

  • Pilihlah aplikasi yang tidak lagi kamu gunakan, kemudian uninstall aplikasi tersebut. Hal ini akan mengurangi memori ponsemu. Otomatis juga mengurangi beban kerja RAM ponselmu.
  • Unduh aplikasi task manager. Manfaat multitasking yang memudahkan pengguna android untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus akan membuat ponsel sering menjadi lag atau hang. Dengan task manager aplikasi tersebut dapat dihentikan, dan RAM akan otomatis berkurang beban pemakaiannya sehingga ponsel tidak lagi menjadi lemot.
  • Pindahkan beberapa aplikasi yang berada di memori internal ke memori eksternal kamu. Hal ini juga bentuk mengatasi kelebihan kapasitas memori internal kamu. Sehingga memori internal masih memiliki ruang yang lega untuk aplikasi sistem bawaan.
  • Boost secara berkala ponsel android kamu. Di beberapa produk android telah menyediakan booster yang dapat kamu sentuh untuk mengosongkan RAM dari beban aplikasi yang terpakai.
  • Terakhir, coba root atau install ulang Sistem Operasi androidmu ,.. tapi sebelumnya silahkan backup terlebih dahulu data data yang kamu inginkan. Artikel cara root android akan menyusul gess 😀

Okee, demikian artikel yang bisa membantu kamu mengatasi androidmu yang lemot atau ngelag. Trim’s

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *