Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas

Kenapa Smartphone Cepat Panas?

Beberapa dari kamu mungkin pernah merasakan panas yang berlebihan (overheat) pada smartphone atau tablet yang kamu gunakan. Bukan cuma kamu kok, karena beberapa orang lain pun juga pernah mengalami hal yang sama.

Penyebab dari perangkat yang cepat panas sangatlah beragam, bisa terjadi karena terdapat masalah pada hardware, atau tak jarang pula yang disebabkan karena kesalahan dari kita sendiri. Biasanya, perangkat yang mengalami panas berlebih ini juga akan mengalami gejala baterai menjadi lebih boros karena memang suhu yang tinggi akan menurunkan kinerja baterai.

Maka dari itu jangan pernah sesekali mengabaikan masalah suhu pada smartphone  kamu yang menjadi cepat panas, bisa-bisa smartphone kamu akan menjadi cepat rusak alias tidak dapat digunakan lagi. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui apa saja yang sekiranya menjadi penyebab dan bagaimana caranya untuk mengatasi suhu smartphone  yang cepat panas tersebut, diantaranya adalah :

  • Baterai
    Kerusakan pada baterai akan sangat berbengaruh pada kinerja smartphone itu sendiri, selain daya baterai yang cepat habis, smartphone anda juga akan menjadi cepat panas.
    *saran mengatasinya:
    Gantilah baterai smartphone kamu dengan baterai yang baru dan perlu di ingat jangan pernah menggunakan smartphone ketika sedang melakukan pengisian daya baterai (charger), karena selain smartphone menjadi cepat panas, baterai juga bisa menjadi cepat rusak.
  • Multitasking
    Menggunakan aplikasi secara bersamaan atau yang biasa disebut multitasking, terlebih jika aplikasi yang berjalan dibelakang layar smartphone(background) terlalu banyak, maka tanpa di sadari akan melebihi kapasita memori RAM, sehingga kinerja dari pada prosesor smartphone itu sendiri menjadi lebih berat dan menjadi cepat panas.
    * saran mengatasinya:
    Tutuplah semua aplikasi yang berjalan dibelakang layar android (background) dan hapuslah file-file sampah sesering mungkin melalui aplikasi pembersih android
  • Kondisi cuaca atau area sekitar, serta panas dari luar gadget itu sendiri

    Kondisi ruangan yang pengap atau gerah juga bisa mempengaruhi masalah suhu berlebihan pada gadget. Cara memegang yang salah juga bisa mempercepat naiknya suhu pada gadget.

    *saran mengatasinya : 

    Sebaiknya gunakan gadget di area yang lebih sejuk jika ingin menggunakannya untuk hal-hal yang cukup berat seperti bermain game, browsing dll. Lalu saat menggunakan gadget (smartphone), cobalah untuk memberikan ruang khususnya pada bagian belakang perangkat agar ia mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik.

  • Jaringan Seluler (Sinyal)
    Tanpa adanya jaringan seluler (sinyal) smartphone tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Tetapi akan lain ceritanya jika kita berada disuatu tempat yang kurang mendapatkan sinyal bagus, all hasil daya baterai smartphone menjadi lebih cepat habis oleh kinerja prosesor dalam mencari sinyal serta akan meningkatkan suhu pada smartphone tersebut, sehingga menjadi cepat panas. Biasanya masalah seperti ini bisa terjadi jika smartphone anda digunakan untuk internatan. Ingat! terlalu lama menggunakan internet juga akan menyebabkan smartphone android anda menjadi cepat panas.
    * saran mengatasinya:
    Matikan koneksi data (internet) jika anda berada di tempat yang kurang bagus mendapatkan sinyal serta jangan terlalu berlebihan menggunakan koneksi data (internet).
  • Berdebu
    Perangkat smartphone akan mudah sekali kemasukan kotoran alias berdebu apabila sering digunakan di tempat-tempat terbuka seperti di jalan raya misalnya. Nah…cepat atau lambat, akan terjadi penumpukan debu yang masuk ke dalam smartphone melalui celah-celah lubang speaker atau melalui bagian respirator yang ada dibagian belakang casing. Dengan adanya penumpukan debu tersebut, maka akan menyumbat sirkulasi udara yang keluar masuk dari dalam smartphone sehingga akan menimbulkan hawa panas.
    * saran mengatasinya:
    Hindari pemakaian, menyimpan dan meletakkan smartphone ditempat-tempat yang sekiranya banyak debu.

Nah itulah beberapa penyebab kenapa perangkat yang kita gunakan cepat panas serta beberapa tips untuk mengatasinya. Jika kamu sudah mengetahui beberapa penyebabnya.

Sekian, Terima Kasih 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *