9 Bahaya Terlalu Lama Duduk Didepan Komputer

Bagi yang sering melakukan pekerjaan di depan komputer , dan belum menyadari dampak dari berada di depan komputer terlalu lama di depan komputer. kali ini kami akan sharing tentang bagaimana tentang resiko yang anda hadapi dengan , kalau begitu langsung saja kita bahas

1. Kerusakan mata

Tentu mata akan mengalami dampak yang sangat besar dalam hal ini , kenapa? mata adalah organ yang langsung berhadapan dengan layar komputer . maka saat mata lelah dia sedikit demi sedikit akan mengalami kerusakan. oleh sebab itu saat mata sudah merasa bertambah lelah , hentikan sejenak dan lakukan peregangan mata

2. Gangguan tulang belakang

Ketika seseorang bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama, ia akan memposisikan duduknya serileks mungkin agar tidak cepat lelah. Akan tetapi, terkadang orang yang duduk dengan rileks tidak memperhatikan apakah posisi duduk tersebut benar atau tidak. Jika orang tersebut tidak duduk dalam posisi yang benar dalam ilmu kesehatan, akan ada kemungkinan jika orang tersebut terkena gangguan tulang belakang. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh salahnya posisi duduk seseorang dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan tulang bengkok ke kiri, ke kanan atau membungkuk. Jika hal ini dibiarkan, hal ini dapat membahayakan kesehatan karena resiko syaraf tulang belakang terjepit meningkat. (baca juga : cara menjaga kesehatan tulang)

3. Kanker usus

Selain itu, gangguan kesehatan lain yang dapat terjadi jika duduk di depan komputer terlalu lama ialah kanker usus. Menurut penelitian di Australia, orang yang sering duduk di depan komputer terlalu lama mempunyai resiko kanker usus yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh pasifnya tubuh ketika sedang ada di depan komputer sehingga resiko kanker usus pun meningkat.

4. Serangan jantung

Dampak buruk lain dari duduk terlalu lama di depan layar komputer ialah terkena serangan jantung. Dari hasil penelitian di London, Inggris, duduk di depan layar komputer dalam waktu yang cukup lama akan meningkatkan resiko serangan jantung sekitar 67%. Hal ini disebabkan oleh badan yang kurang gerak sehingga aktivitas jantung dapat terganggu yang bisa memicu serangan jantung. Apalagi yang telah mengalami penyakit jantung.

5. Terjadinya penggumpalan darah

Resiko lain yang terjadi pada seseorang apabila terlalu lama duduk di depan layar komputer adalah adanya penggumpalan darah. Penggumpalan darah ini dapat terjadi karena tubuh tidak melakukan gerakan yang dapat membanti aliran darah menjadi normal. Jelaslah bahwa penggumpalan darah akan sangat berbahaya bagi tubuh sebab jika dibiarkan, gumpalan darah tersebut dapat menyumbat aliran darah yang bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Pecahnya pembuluh darah ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian mendadak.

6. Kegemukan

Dengan duduk dalam jangka waktu yang lama di depan komputer, seseorang akan lebih beresiko mempunyai kelebihan berat badan atau kegemukan. Mengapa demikian? Dalam hal ini, lemak yang ada dalam tubuh tidak akan diubah menjadi energi jika seseorang pasif atau tidak melakukan gerakan apa pun. Hasilnya ialah menumpuknya lemak di bawah lapisan kulit yang mengakibatkan seseorang mengalami kegemukan. Menurut penelitian yang telah dilakukan, resiko obesitas ini dapat dikurangi hanya dengan berdiri beberapa saat.

7. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan salah satu dampak buruk yang disebabkan oleh aktivitas duduk terlalu lama di depan komputer. Gangguan kesehatan ini merupakan gangguan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang, dan hal ini dikarenakan cahaya yang terpancar dari layar komputer. Cahaya flourescent dari layar komputerlah yang menyebabkan gangguan kesehatan yang satu ini terjadi saat seseorang bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama.

8. Terkena radiasi listrik

Karena perangkat komputer hanya dapat dioperasikan jika ada listrik, maka penggunaan listrik tidak dapat dipisahkan dari perangkat komputer. Kemudian, listrik ini akan memancarkan radiasi jika digunakan sehingga apabila seseorang bekerja di depan komputer, orang tersebut tentu akan terpapar radiasi listrik.

9. Menurunnya daya ingat

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan para ahli, bekerja terlalu lama di depan layar komputer dapat menurunkan daya ingat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang bekerja di depan layar komputer lebih dari 55 jam dalam seminggu mengalami penurunan daya ingat jika hal ini dibandingkan dengan orang yang seminggu bekerja selama 41 jam di depan layar komputer. (baca juga : penyebab mudah lupa)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *