Penyebab dan Solusi Panas Laptop Yang Berlebihan

Panas merupakan salah satu musuh terbesar bagi laptop. Panas yang berlebihan dari sebuah laptop dapat menggangu performa dari laptop itu sendiri entah menjadi ngelag ataupun macet, dah tentunya juga dapat menganggu kinerja dari penggunannya. Dibandingkan dengan sebuah PC, laptop cenderung lebih mudah panas. Karena biasanya sebuah PC masih mempunyai ruang didalamnya yang bisa digunakan untuk sirkulasi udara, sehingga sirkulasi udara pada PC cenderung lebih baik dibandingkan dengan laptop. Sementara laptop dengan desain yang lebih tipis dan minimalis, otomatis menyebabkan komponen yang ada di dalamnya menjadi sangat padat, sehingga sirkulasi udara didalamnya kurang begitu baik. Kali ini saya akan memaparkan beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop menjadi cepat panas.

Penyebab Laptop menjadi panas yang sangat berlebihan sebagai berikut  :

  • LAMA WAKTU PENGGUNAAN

Kita tentunya sudah tahu, penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama dapat memicu meningkatnya suhu pada komponen – komponen yang ada pada laptop. Apalagi jika laptop digunakan untuk kerja berat, seperti bermain games atau untuk kebutuhan desain grafis, ini lebih mempercepat laptop menjadi panas.

  • PELETAKAN LAPTOP SAAT DIGUNAKAN

Misalnya kita sering menggunakan laptop dan diletakkan diatas kasur ataupun diatas bantal, ini dapat menghambat sirkulasi udara pada laptop yang efeknya adalah mempercepat proses pentingkatan suhu panas pada komponen – komponen didalamnya. Cara penggunaan seperti itu yang terus – menerus dapat menyebabkan menumpuknya kotoran pada komponen yang ada di dalam laptop, semisal pada heatsink processor.

  • KIPAS TIDAK BERFUNGSI NORMAL

Kipas yang tidak berfungsi dengan normal merupakan salah satu penyebab cepat panasnya laptop ketika digunakan, karena jika kipas tidak berfungsi dengan normal, maka akan menyebabkan hawa panas didalam laptop menumpuk dan sulit untuk keluar karena sirkulasi yang tidak baik dan tidak berfungsinya kipas untuk mengalirkan hawa dingin pada komponen didalam laptop. Masalah seperti ini biasanya timbul karena banyaknya kotoran yang menumpuk pada kipas.

  • THERMAL PASTE KERING

Kita tahu bahwa salah satu komponen yang cepat panas pada laptop adalah pada bagian processor,biasanya pada bagian atas processor diberi semacam gelyang disebut thermal paste yang betujuan untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh processor.  Apabila laptop masih baru, biasanya tidak ada masalah pada thermal pastenya, tetapi setelah melewati masa pemakaian yang lama, lama – kelamaan thermal paste akan mengering, dan ini akan berdampak pada panas yang dihasilkan processor itu sendiri.

Cara Mengatasi dari semua masalah diatas yang menyebabkan laptop cepat panas adalah  :

  • Menggunakan Colling Pad

Cooling pad memang menjadi teknologi yang dihadirkan untuk membantu menurunkan suhu pada laptop atau benda sejenisnya. Dengan benda ini, anda bisa mengurangi suhu panas pada laptop sebesar 1 sampai 5 derajat. Bahkan tipe yang lebih canggih akan mempunyai kemampuan yang lebih untuk mengurangi panas. Penggunaan cooling pad memang jamak dilakukan sebagai cara mengatasi laptop cepat panas secara mudah dan efisien.

  • Mengganti Thermal Paste Processor

Seperti yang saya tulis diatas salah satu penyebab laptop cepat panas adalah Thermal Paste nya , maka dari itu cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini mengharuskan anda untuk mengganti salah satu komponen yang sangat penting bagi laptop tersebut.

  • Membersihkan Kipas atau Heatsink pada Laptop

Untuk poin terakhir, yang biasanya terjadi, adalah kipas yang ada dalam laptop sudah kotor dan tertutup debu yang tebal. Hal tersebut mengakibatkan kipas tidak berputar dengan kencang. Luangkan waktu anda untuk membersihkan kembali kipas pada laptop. Gunakanlah juga pelumas antara 3 minggu hingga 4 minggu sekali. Hal ini bisa anda lakukan sendiri. Bukalah bagian middle cover laptop dengan cara mencungkil secara hati-hati dan angkat cover-nya. Setelah itu bukalah skrup dan angkat penutupnya. Lalu bersihkanlah kipas dengan kain halus. Manfaatkan juga cutton bud untuk menjangkau sudut-sudut yang sempit pada kipas, agar lebih bersih.

Sekian artikel yang bisa saya berikan semoga bisa membantu kalian semua

Trim’s atas kunjungannya 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *