Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca oleh PC/Laptop

Apa penyebab flashdisk bisa rusak? untuk menjawab pertanyaan yang demikian maka perlu dilakukan peninjauan dari berbagai faktor. Salah satu penyebab yaitu dikarenakan pelepasan flashdisk secara langsung tanpa eject. Sehingga berakibat pada rusak crash pada chip flasdiks bahkan bisa-bisa flashdisk rusak permanen. Jika sudah rusak permanen maka sangat kecil harapan untuk bisa pulih seperti semula. Selain itu pelepasan flashdisk tanpa melalui prosedur yang benar juga bisa menyebabkan flashdisk write protected.

Selain faktor penggunaan yang menyalahi prosedur penyebab flashdisk tidak terdeteksi lainya yaitu dari kualitas flashdisk itu sendiri. Terutama saat ini banyak beredar flashdisk abal-abal alias KW. FD jenis ini biasanya di jual dengan harga murah meriah. Namun seperti kata pepatah ada harga ada kualitas. Maka dari itu saat membeli FD ada baiknya lebih jeli dan sebaiknya membeli di toko resmi agar tidak tertipu dengan kualitas rendahan.

Kembali lagi ke pembahasan cara memperbaiki flashdisk rusak tidak terbaca tadi. Jika anda mengalami permasalah FD seperti ini maka jangan langsung menyerah dan boleh mencoba beberapa trik dibawah ini. Simak langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama masukkan flashdisk pada prompt USB kemudian tunggu beberapa saat.Jika tidak terbaca langsung saja Anda buka control panel. Caranya klik start kemudian pilih control panel.
  2. Setelah control panel terbuka ganti mode menjadi klasik. Caranya klik pada tombol ‘Switch to classic’ atau klik ubah menjadi tampilan klasik.
  3. Setelah berubah menjadi mode klasik Anda akan menamakan menu Add hardware, kemudian klik menu tersebut. Setelah dipilih akan keluar kotak dialog, klik Next saja. Kemudian akan muncul dua pilihan yaitu ‘yes, I have already connected the hardware’ dan ‘No, I have not added already connected the hardware’. Pilih yes, karena sudah terhubung dengan flashdisk.
  4. Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya yaitu komputer akan secara otomatis mendeteksi keberadaan flashdisk. Jika sudah terdeteksi, maka flashdisk akan segera terdeteksi. Jika sudah terdeteksi menu selanjutnya Anda tinggal mengklik cancel. Jika masih tidak terdeteksi lanjutkan dengan pilih next dan ikuti langkah-langkah selanjutnya

Selain dengan menggunakan cara manual juga bisa dilakukan dengan menggunakan prompt. Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan menggunakan prompt command yaitu:

  1. Langkah yang pertama masukkan flashdisk pada komputer atau laptop. Kemudian buka command prompt, caranya klik start kemudian klik run lalu ketikkan CMD, dan ketikkan  “G:” (tanpa tanda petik 2)  jika tersimpan di drive G.
  2. Kemudian ketikkan chkdsk/f , setelah itu akan muncul pilihan yes or no lalu ketikkan Y untuk memilih yes.
  3. Setelah itu akan muncul menu untuk restart ketikkan saja Y dan biarkan restart. Setelah merestart jika sudah terdeteksi akan segera muncul tapi jika belum lakukan hal yang sama.

Jika cara mengatasi flashdisk tidak terbaca diatas masih tidak berhasil Anda harus membawa flashdisk Anda ke service komputer. Jika sudah dibawa service komuter dan masih terulang kembali mungkin saja flashdisk Anda yang sudah rusak atau juga prompt USB Anda yang rusak. Untuk mengidentifikasi prompt USB yang rusak, Anda coba memasukkan flashdisk lain ke prompt USB tersebut, jika tidak bisa terbaca memang benar prompt USB komputer atau laptop Anda yang rusak. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu membawa laptop atau komputer Anda ke tempat service komputer.

Ok, sekian tips untuk kali ini

Semoga bisa membantu , Trim’s 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *