Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Cepat Habis

Pernahkah kamu mendapati baterai laptop kamu cepat habis saat digunakan? Baru saja digunakan indikator baterai langsung menunjukkan prosentase yang rendah padahal sebelumnya baru saja 100% full. Sebelum kamu memutuskan untuk mengganti baterai kamu, ada sebuah hal yang sebaiknya kamu coba yaitu melakukan kalibrasi baterai.

Yup, cepat habisnya baterai terkadang dikarenakan indikator yang sudah tidak akurat lagi. Melakukan kalibrasi ulang akan membuat indikator menunjukkan prosentase baterai dengan lebih akurat, sehingga bisa mengetahui kondisi baterai yang sebenarnya. Sehingga Kamu bisa mengetahui umur baterai laptopmu.

Berikut ini langkah langkah cara mengkalibrasi baterai pada laptop:

  • Nyalakan notebook/Laptop kamu.
  • Setelah menyala, hubungkan adaptor notebook/Laptop dan charger baterai notebook/Laptop kamu hinga mencapai kondisi full (Notifikasi baterai menunjukka range 99-100%, atau lampu indikator baterai pada notebook/Laptop warnanya berubah).
  • Setelah bterai full, restart notebook/Laptop kamu dan masuk ke Safe Mode. Jika belum mengerti bagaimana cara masuk ke Safe Mode, pada saat laptop baru menyala, tekan F8 beberapa kali sampai muncu menu Advanced Boot Options.

  • Pada menu tersebut pilih Safe Mode yang dilanjutkan dengan menean tombol Enter. Tunggu sampai Windows masuk ke mode Safe Mode.
  • Setelah masu ke mode Safe Mode, lepas adaptor notebook dan jangan digunakan sama sekali. (berikut tampilan bila Laptop masuk safe mode)

  • Biarkan notebook/Laptop menyala terus sampai akhirnya baterai habis dan notebook/Laptop mati.
  • Setelah  notebook/Laptop benar-benar dalam kondisi mati, hubungkan charger dengan notebook, tunggu sekitar 3-5 menit, kemudian nyalakan kembali notebook/Laptop seperti biasa tanpa melepas charger. Biarkan sampai baterai Laptop Full
  • Setelah full , maka hidupkan laptop seperti biasa . Jika ditanya masuk mode maka, pilih Start Windows Normally.

Saat notebook/Laptop menyala, seharusnya Windows 7 bisa membaca “power meter battery” dengan akurat yang tentunya sesuai dengan konsisi real baterai.

Sekian , Trim’s 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *